Lompat ke isi utama

Berita

Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Turun Langsung Kawal Pengumuman DPS Kabupaten Bengkulu Utara Menuju DPSHP

Ketahun, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara - Pada hari selasa tanggal 09 Mei 2023, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Eko Sugianto, SP., M.Si selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, data dan informasi yang didampingi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Tri Suyanto, SE selaku Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat melakukan supervisi ke Kecamatan Ketahun dan Pinang Raya terkait persiapan Pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam supervisi kali ini, beliau berkomunikasi secara langsung dengan Panitia Pengawas Kecamatan/Desa yang ada di Ketahun terkait kesiapan dalam melakukan pengawasan pada tahapan pleno DPSHP yang tinggal beberapa hari lagi. Beberapa PKD menyampaikan beberapa keluh kesahnya terkait infrastruktur transportasi menuju lokasi diselenggarakannya pleno tingkat desa yang sangat - sangat tidak memadai. Kemudian ada jg PKD yang menyampaikan bahwa masih kurangnya kesadaran dan respon masyarakat terhadap rangkaian tahapan DPT ini. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya tanggapan atau laporan dari masyarakat terhadap pengumuman DPS yang dipublikasikan KPU Kabupaten Bengkulu Utara melalui jajarannya. Dalam hal tersebut Bapak Eko Sugianto, SP., M.Si menyampaikan bahwa itulah pentingnya jajaran Bawaslu sampai ketingkat Desa untuk bisa melakukan "jemput bola" dalam pengawasan kali ini. Sehingga tidak hanya menunggu laporan yang masuk tapi ikut mempublikasikan tentang tahapan pemilu yang sedang berlangsung dan mengawasi langsung pengumuman - pengumuman yang disebar oleh KPU beserta jajarannya.

Bapak Eko Sugianto, SP., M.Si yang didampingi jg oleh Bapak Tri Suyanto, SE menyempatkan diri untuk melihat salah satu pengumuman DPS yang ditempel oleh PPS di Kantor Desa Bukit Tinggi Kecamatan Ketahun. Dalam penguman DPS tersebut kebetulan terdapat 3 orang yang namanya sama persis, setelah dikonfirmasi oleh PPS dan PKD Desa Bukit Tinggi Kec. Ketahun bahwa benar terdapat 3 (orang) yang bernama sama namun orangnya berbeda. Hal ini secara tidak langsung menjelaskan bisa bahwa kejadian serupa mungkin saja terdapat di desa atau kecamatan lain. sehingga itulah pentingnya peran pengawasan dalam setiap tahapan pemilu yang berlangsung.

Hal yang berbeda disampaikan oleh Bapak Agung selaku Kepala Sekretariat Panwas Kecamatan Pinang Raya. Beliau menyampaikan bahwa sudah 2 (dua) hari listrik, jaringan Internet dan seluler di Kecamatan Pinang Raya mati total, sehingga tidak dapat melakukan pengawasan secara maksimal dan hal ini juga yang menjadi ketakutan terbesar mereka dalam melakukan pengawasan karena hal ini bisa saja terjadi kembali diluar kendali. Namun kembali Bapak Eko Sugianto, S.E., M.Si yang didampingi Bapak Tri Suyanto, SE menyemangati bahwa pengabdian dan pengorbanan rekan - rekan yang ada di Kecamatan adalah ujung tombak dari Tegaknya Keadilan Pemilu.

Penulis/editor: Rheisva Trianiga / Humas Bawaslu Bengkulu Utara