Lompat ke isi utama

Berita

Publikasi Menjadi Urgensi, Bawaslu Selenggarakan Bimtek Pelatihan Penulisan Berita dan Dokumentasi

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap, SP, M.Si saat memberikan sambutan sekaligus membuka Acara Bimtek Pelatihan Penulisan Berita dan Dokumentasi Bagi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, Mercure Hotel, Bengkulu, Selasa (15/12/2020)

Bengkulu, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara - “Humas adalah wajah dalam organisasi atau lembaga," ujar Parsadaan Harahap dalam sambutannya. Lebih lanjut beliau menekankan pentingnya publikasi, sebanyak apapun yang kita perbuat, masyarakat tidak akan mengetahui jika tidak diiringi dengan publikasi yang memadai. Oleh karena itu, Bimtek penulisan berita dan dokumentasi diharapkan dapat mempertajam kemampuan kehumasan Bawaslu dalam menyampaikan kegiatan-kegiatan kehumasan yang dilakukan.

Untuk mendapatkan output yang maksimal, bimtek menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompetensi dibidangnya. Materi pertama disampaikan oleh Zacky Antony, SH. MH yang berpengalaman di dunia jurnalis yang meniti karir dari menjadi Wartawan sejak tahun 2001 sampai dengan menjadi Ketua PWI Provinsi Bengkulu,

Kepada peserta Bimtek, Zacky Antony, SH. MH menyampaikan perkembangan dunia jurnalistik serta trend penggunaan medsos yang seharusnya dapat dimanfaatkan humas Bawaslu dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Kemudian pada kesempatan yang sama Zacky juga memberikan trik dalam pembuatan berita bahwa unsur berita itu penting dan menarik, minimal terpenuhnya 5W + 1H, dan dalam menyusun berita ada istilah Piramida terbalik menjelaskan dari umum ke khusus.

Fihan Pino, General Manager RB TV, menjadi pemateri selanjutnya. Fihan berbagi pengalamannya selama lebih kurang 17 tahun dalam dunia jurnalistik, baik sebagai wartawan maupun pemimpin beberapa media RB Group.

Teknik penulisan berita, unsur-unsur yang harus terpenuhi dalam berita hingga pertanggungawaban dari sebuah berita disampaikan Fihan kepada peserta Bimtek.

Bimtek Pelatihan Penulisan Berita dan Dokumentasi Bagi Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, pada tanggal 15 s.d 17 Desember 2020  yang dilaksanakan di Hotel Mercure ini diikuti oleh 50 peserta, dengan rincian 30 orang staf Kabupaten/Kota dan 20 orang staf Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Diharapkan peserta yang hadir kemudian dapat menerapkan pengetahuan yang didapat untuk mempertajam publikasi di lembaga masing-masing. Seperti disampaikan Parsadaan Harahap pada pembukaan acara, sebanyak apapun ilmu kita, tidak akan berguna jika tanpa implementasi.

Editor : Humas Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara