Lompat ke isi utama

Berita

Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2023

Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2023

Arga Makmur, Bawaslu Bengkulu Utara - Bawaslu Bengkulu Utara melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (01/6/2023). Upacara ini diikuti oleh Anggota Bawaslu Bengkulu Utara Tugiran, M.Pd sekaligus bertindak sebagai Pembina upacara, Tri Suyanto, SE, Koordinator Sekretariat, Taufik Akbar Pane, SE , M.Si, dan seluruh pegawai sekretariat di lingkungan Bawaslu Bengkulu Utara.

Dalam sambutanya Tugiran menyampaikan beberapa cara dalam memaknai hari lahir Pancasila yakni pertama, mempelajari nilai apa saja yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. "Nilai-nilai seperti toleransi beragama, menerima keragaman, serta perilaku cinta tanah air hingga semangat musyawarah perlu dipelajari untuk kemudian dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari", ucap beliau.

Selanjutnya Kedua, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Setelah mempelajarinya, tentu kita harus mengamalkan ilmu tersebut. Jika hanya mempelajarinya saja, sama saja seperti pohon yang tumbuh, namun tidak berbuah. Sangat sedikit manfaat yang diberikan oleh pohon tersebut", sambung beliau.

Ketiga, menyikapi setiap permasalahan dengan bijaksana. Keempat, harus bangga akan budaya, adat-istiadat, bahasa dan keanekaragaman negara Indonesia. Terakhir, Tugiran menyampaikan harapanya dalam momentum memperingati hari lahir Pancasila.

"Harapanya, dengan dilakukan upacara ini diharapkan kita dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara", tutup Tugiran.

Penulis/editor: Rati P/Humas Bawaslu Bengkulu Utara