Lompat ke isi utama

Berita

Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Provinsi Bengkulu, Bawaslu Berikan Sejumlah Catatan pada KPU

wrwrf

Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Provinsi Bengkulu, Bawaslu Berikan Sejumlah Catatan pada KPU

Bengkulu, Bawaslu Provinsi Bengkulu – KPU Provinsi Bengkulu menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi pada Rabu (6/3) hingga Jumat (8/3). Bawaslu Provinsi Bengkulu hadir bersama Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu guna melakukan pengawasan melekat dalam pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi ini.

Hadir Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, Asmara Wijaya dan Debisi Ilhodi, Kabag Pengawasan dan Humas, Apriyanto Kurniawan. Sedangkan Dari Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara dihadiri oleh Ketua, Tri Suyanto, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Tahirin Jayadi dan Andi Wibowo serta staf.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah menyampaikan catatan pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu beserta jajaran, mulai dari proses distribusi logistik yang bermasalah, pelanggaran administratif dan permasalahan SIREKAP.

“Berdasarkan uraian hasil pengawasan sebagaimana yang dimaksud di atas, kami meminta agar menjadi perhatian KPU Provinsi Bengkulu serta KPU Provinsi Bengkulu dapat melakukan pembinaan terhadap jajaran KPU Kabupaten/Kota serta jajaran ad hoc yang dianggap tidak profesional dalam menjalankan tugasnya.” Kata Faham dalam pemaparannya.

Pada pleno ini masing-masing KPU kabupaten/kota akan menyampaikan hasil perolehan suara di masing-masing wilayah dan dalam pleno ini juga dibuka serta dibacakan KPU kabupaten/kota.

Pada penyampaian hasil perolehan suara juga dihadiri saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon perseorangan dan saksi dari partai politik untuk mencocokkan hasil pembacaan formulir D hasil dan hasil yang tercantum dalam tampilan Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara (Sirekap) pemilu.