Lompat ke isi utama

Berita

MENJELANG PEMUNGUTAN SUARA PEMILIHAN SERENTAK, BAWASLU ADAKAN DISEMINASI DAN SOSIALISASI PILKADA BERMARTABAT

Administrator | Jum'at, 09 Oktober 2020 - 12:25:13 WIB

Prof. Dr. Teguh Prasetyo, SH, M.Si saat menyampaikan Diseminasi dan Sosialisasi Pilkada Bermartabat, Jum'at (09/10/2020)

Arga Makmur, Bawaslu Bengkulu Utara - 60 hari menuju pecoblosan pemilihan  kepala daerah serentak pada 9 desember tahun 2020 Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara mengadakan acara Diseminasi dan sosialisasi Pilkada yang bermartabat.  Kegiatan dimaksud bertujuan mewujudakan kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bengkulu Utara berjalan demokratis, jujur dan adil sehingga terciptanya Pilkada yang bermartabat. Acara yang diprakarsai oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Bengkulu Utara digelar pada Jum'at pagi (09/10/2020) bertempat di Balai Daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan tersebut menghadirkan salah satu Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Teguh Prasetyo, SH, M.Si  sebagai narasumber.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs. Bupati Bengkulu Utara Bapak Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, dan lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bengkulu Utara, Bawaslu Provinsi Bengkulu, Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Bengkulu, serta Bawaslu dan KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin Sumarni, SH dalam sambutanya mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah dorongan dan penguatan bagi peyelenggara Pemilu antara lain Bawaslu dan KPU Se-Provinsi Bengkulu yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut dalam menjalankan tugas demi terwujudnya Pilkada yang bermartabat. Selain itu juga menjadi wadah sosialisasi yang tepat terutama terkait netralitas ASN, TNI dan Polri kepada FKPD yang hadir.

“Kami berterima kasih kepada pihak yang hadir dan bekerjasama dalam  menyelenggarakan kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini dapat menambah semangat kami dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan Pilkada yang bermartabat dan kami menghimbau kepada ASN agar menjaga netralitasnya dalam Pilkada ini jangan sampai tersandung kasus karena ketidaktahuan misalnya dalam memberi like, komen di media sosial pada postingan yang berisi visi misi calon”. Ujar ketua Bawaslu Bengkulu Utara yang akrab disapa ibuk Titin.

Senada dengan ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Pjs. Bupati Bengkulu Utara Bapak Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si dalam sambutanya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari tugas beliau sebagai Pemerintah Daerah dalam mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Bengkulu Utara yang bermartabat.

Sementara itu, Anggota DKPP Prof. Dr. Teguh Prasetyo, SH, M.Si yang merupakan Guru Besar Fakultas Hukum UPH Karawaci Tangerang dalam kegiatan diseminasi mengemukakan Teori  Keadilan Bermartabat dalam mewujudkan Pilkada bermartabat dalam masa Pandemi Covid-19. “Teori bermartabat berangkat dari postulat sistem yakni bekerja mencapai tujuan yaitu keadilan bermartabat, keadilan yang memanusiakan manusia dan keadilan yang nge wong ke wong”. Ujar beliau.

Selanjutnya beliau menekankan sebagai penyelenggara pemilu kita harus mempunyai dasar pijakan agar menjadi kokoh sebagai penyelenggara pemilu untuk dapat mewujudkan Pilkada bermartabat sebagai penyelenggara harus tahan godaan, adil dan tidak memihak. Diakhir kegiatan Beliau membagikan karya ilmiah yang berjudul Filsafat Pemilu dan Etika Penyelenggara Pemilu Bermartabat.

Editor : Humas Bawaslu Bengkulu Utara