Lompat ke isi utama

Berita

Ciptakan Pemilu Tahun 2024 yang demokratis, TNI – Polri nyatakan Komitmen Netralitas

foto kegiatan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia mengadakan Rakornas Gakumdu, Senin (27 November 2023). Acara ini dibuka oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, dan diikuti oleh Seluruh anggota Gakumdu Se-Indonesia, turut hadir pula Kapolri dan Panglima TNI.

Adanya keberadaan Gakumdu sampai tingkat Kabupaten/ Kota, maka dipandang perlu untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan jajaran gakumdu Indonesia dalam hadapi Pemilu tahun 2024 yang tahapannya saat ini sementara berjalan, hal ini sangat penting agar dapat memproses penegakan hukum tindak pidana Pemilu dapat berjalan dengan maksimal dan optimal untuk menjaga kualitas penyelenggaraan Pemilu dan Bawaslu juga mengawasi netralitas TNI dan Polri dalam Pemilu 2024.

Sebagai bentuk keseriusan Bawaslu dalam mengawasi netralitas TNI dan Polri dalam Pemilu 2024, Ketua Bawaslu dan Anggota menjadi saksi atas penandatanganan Deklarasi Komitmen Netralitas TNI-POLRI Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang ditandatangani oleh  Kapolri, Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Agus Subiyanto. Adapun isi Deklarasi tersebut :

Untuk menciptakan Pemilu Tahun 2024 yang demokratis, TNI – Polri dengan ini menyatakan :

  1. Menjaga dan Menegakkan Prinsip Netralitas.
  2. Menghindari Konflik Kepentingan dan Tindakan yang Menguntungkan atau Merugikan Salah Satu Peserta Pemilu
  3. Bersama-sama Melakukan Upaya Pencegahan Pelanggaran Pemilu dan Politik Uang
  4. Saling Bersinegri untuk Menjaga Kondusilitasb Penyelenggaraan Pemilu