Lompat ke isi utama

Berita

BERITA Pentingnya Urgensi Pengelolaan Administrasi Berbasis Elektronik di Kalangan Bawaslu, Taufik Akbar Pane Ikuti Rakornas Bawaslu

foto kegiatan

Arga Makmur, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara – Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Taufik Akbar Pane mengikuti rapat koordinasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 bagi sekretariat Bawaslu provinsi dan kabupaten /kota pada tanggal 29 November -1 Desember 2023 di sintesa Peninsula Hotel Manado Sulawesi Utara.

Pada kegiatan tersebut salah satu poin penting yang disampaikan yaitu terkait urgensi pengelolaan administrasi berbasis elektronik di Bawaslu dimana pengelolaan administrasi berbasis elektronik di Bawaslu sangat penting dalam hal ini dapat diukur dari 4 elemen yaitu produktivitas, kecepatan dan ketepatan biaya, dan kemutakhiran dan validitas data. Hal tersebut disampaikan oleh narasumber Dr. Irene Tangkawarow, ST., MISD yang merupakan peneliti manajemen risiko IT pada puslitbangdiklat Bawaslu RI Tahun 2022 juga anggota timsel anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara masa jabatan 2023 – 2028.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga oleh Abhan (Ketua Bawaslu Periode 2017 – 2022) selaku Advokat dan pegiat Pemilu terkait tata kelola administrasi dan pengarsipan oleh kesekretariatan juga terkait pola hubungan jajaran bawaslu dengan sekretariat berdasarkan peraturan bawaslu nomor 3 tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilihan umum. Abhan menerangkan bahwa kunci utama pola hubungan pengawas pemilu yaitu supervisi, konsultasi dan koordinasi. Selain, juga penyampaian oleh Muhammad (Ketua Bawaslu periode 2012 – 2017) terkait transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

Editor: Ratih Putri

Tim Humas Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utar