Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Ikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

foto kegiatan

Bengkulu Utara, 28 Februari 2024 - Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Tri Suyanto, bersama Anggota Bawaslu Andi Wibowo dan Tahirin Jayadi, serta didampingi staf, aktif mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Rapat tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara di Gedung Olahraga Syahri Romli Arga Makmur.

 

Pleno Terbuka ini merupakan tahap penting dalam proses demokrasi, di mana data "Sirekap" pemilu dibacakan oleh Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Acara tersebut disaksikan oleh Saksi Peserta Pemilu dan diawasi oleh Ketua, Anggota, dan Staf Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara. Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan juga turut mengawasi jalannya proses rekapitulasi.

Pada pleno ini, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bengkulu Utara, bersama dengan Bawaslu, melakukan musyawarah untuk mencapai kesepakatan terkait hasil penghitungan suara. Keberlangsungan rapat pleno ini menunjukkan sinergi antara lembaga terkait dalam menjaga integritas dan keberlanjutan proses pemilu.

Tri Suyanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, menyampaikan, "Kehadiran kami di rapat pleno ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk memastikan proses pemilu berjalan secara transparan, adil, dan demokratis. Kami berkomitmen untuk menjaga integritas hasil pemilu demi kepentingan masyarakat."

Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara juga memberikan apresiasi terhadap kerjasama yang baik antara lembaga pemilihan dan pengawas pemilu. Semua pihak berharap bahwa hasil rekapitulasi suara ini akan menjadi cerminan yang akurat dari kehendak rakyat dalam pemilihan umum yang baru saja berlangsung.

Proses rekapitulasi suara pada rapat Pleno ini akan diselenggarakan untuk beberapa hari kedepan mengingat wilayah administratif Kabupaten Bengkulu Utara yang terdiri dari 19 Kecamatan. Untuk Rapat Pleno yang diselenggarakan hari ini (28/02/2024) terdiri dari Kecamatan Pinang Raya, Enggano, Ulok Kupai, Napal Putih dan Ketahun. 

Editor : GGHS