Lompat ke isi utama

Berita

Selamat Memperingati Hari Pahlawan 2021

Arga Makmur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara - Ketua, anggota dan jajaran sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara mengucapkan "Selamat Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021". Dalam memperingati hari Pahlawan, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan upacara Peringatan hari Pahlawan secara virtual melalui channel YouTube Kementrian Sosial dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan surat Ketua Bawaslu RI No.42 Tahun 2021.

Hari Pahlawan yang peringatannya jatuh pada hari ini Rabu, 10 November 2021 mengambil tema "Pahlawanku Inspirasiku" , ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin Sumarni berharap agar semangat perjuangan para pahlawan dapat menjadi inspirasi bagi kita dan menghimbau kepada masyarakat, dan khusus untuk seluruh jajaran pegawai Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai Bangsa dan Negara Indonesia.

Hari Pahlawan 2021 mengingatkan kita pada peristiwa 10 November 1945 yakni Pertempuran Surabaya. Pertempuran Surabaya adalah peperangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 27 Oktober-20 November 1945. Pertempuran ini disebut sebagai perang terbesar dan terberat dalam sejarah Indonesia, dimana tentara Indonesia melawan tentara Inggris selama 3 minggu dan menjatuhkan banyak korban di pihak Indonesia.

Peristiwa 10 November 1945 adalah puncak pertempuran Surabaya, diawali peristiwa pejuang Indonesia merobek bendera Inggris di Hotel Yamato 27 Oktober 1945.
Saat itu Sutomo atau yang lebih dikenal dengan Bung Tomo membakar semangat para pejuang dengan pidato Patriotiknya.

Dalam peperangan itu kekuatan Inggris didukung oleh 15 ribu tentara pilihan, meriam, tank, pesawat tempur dan kapal perang hanya dilawan oleh rakyat Surabaya dengan senjata kuno, keris, dan senjata andalan Bambu Runcing. Meskipun menjatuhkan banyak korban, namun para pejuang Indonesia berhasil mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menyebabkan Inggris kehilangan 2 jendral perangnya. Peristiwa ini dikenal sebagai hari Pahlawan Nasional yang peringatannya jatuh pada 10 November.

Penulis : Humas Bawaslu Bengkulu Utara