Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan Tahun 2022

Rapat Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan Tahun 2022

Arga Makmur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara - Bawaslu Bengkulu Utara melaksanakan Rapat Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan (DPTB) yang diikuti oleh Ketua, Anggota dan seluruh Pegawai di Ruang Rapat Sekretariat, Selasa (9/8/2022). Rapat dipandu oleh koordinator sekretariat, Taufik Akbar Pane di mana beliau menyampaikan agenda rapat yaitu pembahasan tindak lanjut hasil rapat koordinasi yang diikuti oleh Anggota Bawaslu Bengkulu Utara Tri Suyanto dan staf dalam kegiatan Rakor Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022 (Triwulan II) pada hari Kamis, 04 Agustus 2022 di hotel Santika Kota Bengkulu.


Tri Suyanto menyampaikan tindaklanjut hasil rapat, bahwa saat ini kita masih terus berlanjut mengawasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU dan saat ini belum ada instruksi untuk dilakukan uji petik, namun kita tetap diminta untuk aktif mengawasi. Terhadap data kependudukan yang anomali nantinya akan disinkronkan pada saat tahapan coklit.


Beliau juga mengulas materi kegiatan yang di isi oleh narasumber dari KPU Provinsi Bengkulu, Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Narasumber dari KPU Provinsi Bengkulu diwakilkan oleh Bapak Hamzah, bahwa Pemutakhiran Data Pemilih termasuk tahapan yang krusial dalam setiap penyelenggaraan pemilu. Karena akan terus mengalami perubahan bahkan hal itu akan terus terjadi sampai pada hari H pemungutan suara. Seperti misalnya ada orang yang meninggal, bahkan di hari H pemungutan suara diprediksikan akan tetap ada pemilih yang menggunakan hak suaranya dengan menggunakan E-KTP karna satu dan lain hal yang membuat pemilih tersebut terpaksa harus menggunakan hak suaranya menggunakan E-KTPnya.


Ketua Bawaslu Bengkulu Utara, Titin Sumarni juga memberikan arahan untuk mengawasi maksimal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dan siap-siap untuk turun kelapangan, meskipun instruksi untuk melakukan uji petik belum ada, kita terus aktif mengawasi.


Senada dengan ketua, anggota Bawaslu Bengkulu Utara, Tugiran juga menyampaikan bahwasanya proses pengawasan DPTB ini terus berlanjut, meskipun nanti fokus pengawsan ada di tahapan coklit.

Penulis/Editor: Humas Bawaslu Bengkulu utara