Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Koordinasi Nasional, Strategi Pemeberitaan Tematik Menjelang Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

foto kegiatan

 

Dalam persiapan menjelang tahapan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar Rapat Koordinasi Nasional. Rakor ini, yang diselenggarakan di Jakarta ini, menjadi panggung bagi staf kehumasan Bawaslu dari seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Rakor yang deselenggarakan dari tanggal 02 s.d 04 Februari ini,membahas strategi pemberitaan tematik yang akan diadopsi untuk menyampaikan informasi terkait proses pemungutan suara dan perhitungan suara pada Pemilu mendatang.

Dalam sambutannya, Anggota Komisioner Bawaslu RI sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (PPH); Lolly Suhenti S.Sos, I., MH menegaskan pentingnya peran kehumasan dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas selama proses Pemilu. "Kehadiran staf kehumasan Bawaslu di berbagai tingkatan akan menjadi kunci dalam memastikan informasi yang akurat dan terpercaya dapat tersampaikan kepada masyarakat," ujar Kordiv PPH.

Rakor ini diikuti oleh ratusan staf kehumasan Bawaslu yang bertugas di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota se-Indonesia. Peserta juga akan mendapatkan materi-materi dari narasumber yang ahli di bidang pemberitaan, kehadiran narasumber ini tentunya untuk mengoptimalkan ruang diskusi secara intensif untuk menyusun strategi komunikasi yang efektif, termasuk dalam menghadapi tantangan disinformasi dan hoaks yang mungkin muncul selama periode Pemilu.

Selain itu, rapat juga mengulas langkah-langkah konkret yang akan diambil dalam mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan platform daring lainnya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Peran staf kehumasan di daerah diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam memastikan pesan-pesan penting terkait pemilu dapat tersebar secara merata dan tepat.

Lolly juga menegaskan komitmen Bawaslu untuk melaksanakan pemilu yang adil dan transparan serta menjaga integritasnya. "Bawaslu berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pemilu 2024. Oleh karena itu, peran staf kehumasan dalam menyampaikan informasi yang jujur dan transparan sangatlah penting," tegasnya.

Rapat Koordinasi Nasional ini menjadi momen penting dalam persiapan menyongsong Pemilu 2024. Dengan strategi pemberitaan tematik yang matang dan sinergi yang kuat antar staf kehumasan di berbagai daerah, Bawaslu bertekad untuk menjaga keamanan, keadilan, dan integritas proses demokrasi di Indonesia.

 

Editor : GGHS