Lompat ke isi utama

Berita

Rakor PDPB Triwulan IV, Perlu Koordinasi Instansi Terkait Secara Bertingkat

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Titin Sumarni saat memberikan masukan pada sesi diskusi rapat koordinasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan triwulan IV, Kamis, (23/12/2021)

Arga Makmur, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara - Ketua Bawaslu Bengkulu Utara, Titin Sumarni menghadiri Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan IV (empat) Tahun 2021 di Kantor KPU Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (23/12/2021).

Rapat tersebut bertujuan untuk memelihara, memperbaharui dan mengevaluasi data pemilih berkelanjutan. Dalam rapat tersebut dibahas terkait permasalahan-permasalahan seputar Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang disampaikan oleh masing-masing instansi yang hadir diantaranya Polres Bengkulu Utara, Kodim 0423 BU, Dinas Dukcapil, Kabag Pemerintahan dan Desa, Camat Arga Makmur, Kepala Lapas Klas II A Arga Makmur, Kepala Desa Rama Agung, Ketua RT 8 Gunung Alam dan RT 7 Purwodadi, serta Ormas NU dan Muhamadiyah.

Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Utara, Suwarto mengemukakan bahwa masih terdapat berbagai permasalahan data pemilih di tingkat dasar seperti perubahan jumlah tiap TPS, namun KPU Bengkulu Utara selalu berusaha untuk melakukan perbaikan. Selain itu, lanjutnya, KPU Bengkulu Utara juga telah melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah serta mensosialisasikan mengenai PKPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin Sumarni juga mengungkapkan beberapa permasalahan data pemilih. Meski masih terdapat permasalahan, menurutnya data pemilih berkelanjutan saat ini sudah sangat baik walaupun masih ada yang belum tepat. Dan beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil Bengkulu Utara yang telah bekerja sama dengan baik dalam memberikan akses informasi data kependudukan.

Beberapa permasalahan yang diungkapkan diantaranya yaitu masih terdapat pemilih ganda, masih terdapat data TPS yang tidak sesuai seperti alamat tempat tinggal, serta singkronisasi data yang belum maksimal. Selanjutnya KPU menginisiasi Pembentukan forum koordinasi secara bertingkat di tiap instansi terkait untuk mendukung pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang maksimal.

Penulis/editor : Humas Bawaslu Bengkulu Utara