Lompat ke isi utama

Berita

Memperingati HUT ke-14 Bawaslu, Mengawasi Pemilu Untuk Demokrasi Maju

Ketua, anggota dan koordinator sekretariat saat mengikuti zom meeting HUT Bawaslu, sabtu (09/04/2022)

Arga Makmur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara - Tepat hari ini, Sabtu 9 April 2022, Bawaslu genap berusia 14 tahun. Dalam memperingati hari spesial tersebut Bawaslu mengadakan acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-14 Bawaslu via Zoom meeting yang diikuti oleh Bawaslu se- Indonesia. Di Bawaslu Bengkulu Utara diikuti oleh Ketua, Titin Sumarni, anggota Tugiran dan Tri Suyanto serta Koordinator Sekretariat, Taufik Akbar Pane di ruang rapat sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (9/4/2022).

Sekretaris jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro dalam sambutannya menyampaikan selama 14 Tahun Bawaslu berkiprah dalam mengawal demokrasi, dan selama tiga periode tersebut Bawaslu telah membawa sejumlah perubahan besar,dan ini diapresiasi oleh petinggi negara, masyarakat maupun stakeholder.

"Bawaslu saat ini sudah tiga periode. Periode pertama tahun 2008-2012, meski periode pertama hanya 4 tahun, namun merupakan tonggak besarnya Bawaslu hingga saat ini karena di Periode pertama ini lah Bawaslu berani menggugat Undang-undang Pemilu di Mahkamah Konstitusi, sehingga Bawaslu yang semula hanya di tingkat pusat, akhirnya lahir Bawaslu di tingkat provinsi, disetarakan dengan KPU." Ujar beliau.

Beliau melanjutkan di periode ke- 2 Tahun 2012-2017, Bawaslu provinsi sudah terbentuk permanen dan Periode ke-3 Tahun 2017-2022, bawaslu kabupaten/kota menjadi sebuah lembaga yang permanen. Di sekretariat juga telah mengalami kemajuan sebagian besar Bawaslu Kabupaten/Kota sudah berstatus Satker dan selain itu Bawaslu juga memiliki kewenangan baru dalam penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih sebab dihari yang istimewa sekaligus penghujung masa jabatan masih dapat berkumpul dengan keluarga besar Bawaslu.

Ada satu hal penting yang sangat disyukuri Abhan dalam memaknai hari jadi ke-14 Bawaslu yakni telah terbentuknya pengawas yang merupakan bagian penting sebagai ujung tombak pelaksanaan demokrasi.

“Keberadaan PTPS menurut saya adalah hal yang sangat patut disyukuri. Sebab mereka inilah ujung tombak keberhasilan pelaksanaan pengawasan demokrasi.” ucap Abhan.

Sedangkan anggota Bawaslu Mochammad Afifudin memaknai HUT Bawaslu RI saat ini berusia yang berusia 14 tahun ibaratkan remaja yang sedang bertumbuh, ia berpesan agar Bawaslu dapat menjaga pertumbuhan tersebut dengan baik. Ia berharap sinergitas kebersamaan tetap menjadi kunci utama sehingga Bawaslu semakin membumi dan dikenal oleh masyarakat luas.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar yang masa jabatannya juga akan segera berakhir mengungkapkan rasa syukurnya telah ada dalam keluarga Bawaslu.

Rachmat Bagja, anggota Bawaslu RI yang kembali terpilih untuk melanjutkan perjuangan di periode 2022-2027 juga mengungkapkan rasa bahagia. Ia berharap ke depan Bawaslu semak8n baik dan agar tetap saling bersinergi.

Dan terakhir, anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo juga merasa bersyukur dan bangga menjadi bagian dari Bawaslu selama 5 tahun yang tentunya banyak pengalaman yang tak terlupakan.

Penulis/editor : Humas Bawaslu Bengkulu Utara