Lompat ke isi utama

Berita

Mantapkan Persiapan Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Gelar Rapat Evaluasi Bersama Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota

Ketua dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara saat mengikuti rapat evaluasi secara virtual, Selasa, (26/10/2021)

Arga Makmur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara - Dalam rangka persiapan Pengawasan Pilkada Tahun 2024, khususnya terkait fasilitasi dan Pendanaan Pilkada, Bawaslu menggelar rapat evaluasi bersama Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota, Selasa, (26/10/2021).

Rapat sesi ke-2 yang semula dijadwalkan pada tanggal 27 Oktober 2021 ini diikuti oleh Koordinator Divisi SDM dan Kepala/Koordinator Sekretariat Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di sebelas Provinsi, diantaranya Provinsi Bengkulu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin Sumarni dan Koordinator Sekretariat, Taufik Akbar Pane antusias mengikuti rapat secara virtual di ruang rapat sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara. Rapat tersebut membahas permasalahan-permasalahan dukungan pendanaan Pilkada sekaligus menyusun langkah-langkah strategis berdasarkan saran dan masukan dari Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sesi diskusi dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan anggaran, dalam hal ini Bawaslu RI akan menampung segala masukan, usul, dan saran dari semua Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk dijadikan dasar dalam membuat regulasi dan perbaikan pembiayaan Pilkada Tahun 2024 sekaligus menetapkan standar biaya untuk pengawas ad-hoc.

Deputi Bidang Administrasi Bawaslu RI Ferdinand Eskol Tiar Sirait mengingatkan kepada semua peserta untuk berkonsentrasi dalam persiapan Pilkada 2024 dengan membangun sinergitas antara komisioner dan sekretariat di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota dalam mengawasi penyelenggaraan Pilkada agar dapat berjalan sesuai Tahapan yang ditetapkan. Beliau juga menegaskan untuk melakukan peninjauan kembali berkaitan dengan kelayakan standar biaya nominal Pengawas ad-hoc yang besarannya masih di bawah UMR sesuai karakteristik daerah.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin menyatakan bahwa dengan dilakukannya rapat ini sangat baik sekali dalam memetakan kebutuhan dan dukungan administratif serta keuangan menuju Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 berdasarkan pengalaman pemilu dan pemilihan sebelumnya dengan memperhatikan kekuatan finansial pemerintah pusat dan pemerintah daerah masing-masing.

Penulis/editor : Humas Bawaslu Bengkulu Utara