Lompat ke isi utama

Berita

Diskusi Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Bengkulu Utara Dipercaya sebagai Tuan Rumah

Arga Makmur-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara-

Ketua dan Anggota, Koordinator Sekretariat, dan staf melaksanakan Diskusi Divisi Penyelesaian Sengketa Dengan Tema “Persiapan Sengketa Proses Pemilu” yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, zoom meeting, Jumat 4 Maret 2022.

Bawaslu Bengkulu Utara dipercaya sebagai tuan rumah dalam diskusi Divisi Penyelesaian Sengketa se-Provinsi Bengkulu, kegiatan dibuka secara resmi oleh Titin Sumarni Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, sebagai pemantik diskusi dan penyampaian materi pertama disampaikan oleh Tugiran Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara  Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, secara garis besar Menyampaikan tentang dasar hukum undang-undang Pemilu dan Perbawaslu tentang tata cara penyelesaian sengketa, objek sengketa, subjek sengketa proses pemilu, tahapan penyelesaian sengketa proses pemilu, permohonan sengketa langsung dan tidak langsung, penerimaan permohonan penyelesaian sengketa secara langsung, permohonan penyelesaian sengketa secara tidak langsung, mediasi, tahapan mediasi penyelesaian sengketa, tahapan pelaksanaan sidang adjudikasi, alat bukti, gugurnya sengketa.

Pada materi kedua disampaikan Sabdi Destian Anggota Bawaslu Kabupaten Lebong Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, menyampaikan materi tentang Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu pada Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten, yang merupakan hasil dari pengalaman penyelesaian sengketa proses pemilihan umum tahun 2019 yang telah ditangani sebelumnya.

Setelah dua narasumber menjelaskan materi sebagai pemantik, seketika sesi diskusi hidup, pertanyaan dari Kabupaten/Kota mulai dilontarkan, serta pemecahan masalah mulai dikupas oleh pemateri. Sebelum diskusi berakhir Pimpinan Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah Hasan mengapresiasi kegiatan hari ini, serta ucapan terima kasih kepada para pemateri yang benar-benar serius dan sangat semangat menyampaikan materi sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

Titin Sumarni Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara menutup kegiatan Diskusi Divisi Penyelesaian Sengketa dengan mengucapkan Alhamdulillah dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Bawaslu Provinsi yang telah mempercayai Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara sebagai tuan rumah. Tutup Titin.  

-------------------

Twitter : @bawaslu_utara

Instagram : bawaslu_bengkulu_utara

YouTube : BAWASLU BENGKULU UTARA

Facebook : Bawaslu Kabupaten bengkuluutara

Email : set.bengkuluutarakab@bawaslu.go.id