Lompat ke isi utama

Berita

“Diskusi Bulanan, Divisi Penyelesaian Sengketa”

Arga Makmur-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara-

Tugiran, Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa beserta  staf mengikuti Diskusi Bulanan Divisi Penyelesaian Sengketa yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Bengkulu, zoom meeting, Jumat 1 April 2022.

Kegiatan diskusi diikuti oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, pada bulan kedua diskusi rutin Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Bengkulu sebagai tuan rumah, sebagai pemantik diskusi dan penyampaian materi pertama disampaikan oleh Mico Yudhistira Anggota Bawaslu Kota Bengkulu Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, dengan judul pembahasan sengketa acara cepat, yang secara garis besar Menyampaikan tentang dasar hukum undang-undang Pemilu dan Perbawaslu tentang tata cara penyelesaian sengketa, Jenis-jenis dan ruang lingkup sengketa proses pemilu, kedudukan dan wewenang penyelesaian sengketa proses pemilu, waktu penyelesaian sengketa cepat, para pihak (pemohon dan termohon), hingga alur penyelesaian sengketa acara cepat.

Pada materi kedua disampaikan oleh Deni Setiabudi Anggota Bawaslu Kabupaten Mukomuko Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, judul pembahasan sengketa Pemilu melalui mediasi, yang secara garis besar Menyampaikan tentang dasar hukum undang-undang Pemilu dan Perbawaslu tentang tata cara penyelesaian sengketa, sengketa proses pemilu, rangkaian proses mediasi, dan  berbagi pengalaman mediasi di Kabupaten Mukomuko yang telah ditangani sebelumnya.

Setelah dua narasumber menjelaskan materi sebagai pemantik, pertanyaan dari Kabupaten/Kota mulai dilontarkan, serta pemecahan masalah mulai dikupas oleh pemateri. Sebelum diskusi berakhir Pimpinan Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah Hasan mengapresiasi kegiatan hari ini, serta ucapan terima kasih kepada para pemateri dan para peserta diskusi. sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

-------------------

Twitter : @bawaslu_utara

Instagram : bawaslu_bengkulu_utara

YouTube : BAWASLU BENGKULU UTARA

Facebook : Bawaslu Kabupaten bengkuluutara

Email : set.bengkuluutarakab@bawaslu.go.id