Lompat ke isi utama

Berita

“Bawaslu RI Gelar Kick Off SKPP Tahun 2021”

Arga Makmur-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara-

Titin Sumarni Selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Tugiran Selaku Anggota, Tri Suyanto Selaku Anggota, dan Taufik Akbar Pane Selaku Koordinator Sekretariat beserta staf mengikuti “Kick Off Tingkat Dasar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Tahun 2021” yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI di Gresik, Jawa Timur,  melalui via zoom, Selasa, (15/06/2021).

Dalam Laporan Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Bawaslu RI, La Bayoni menyampaikan terkhusus Kabupaten Gersik yang merupakan Kick Off SKPP Tingkat dasar Tahun 2021, Merupakan titik pertama dari seratus Titik pelaksanaan SKPP tingkat Dasar Tahun 2021, kemudian La Bayoni juga menyampaikan bahwa pelaksanaan SKPP di seluruh titik tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak, panitia menyediakan hand sanitizer, mengunakan masker dan pengaturan maksimal jumlah peserta dengan daya tampung pelaksanaan kegiatan dan penyedian pasilitasi rapid test. Ucap Bayoni.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh  Muchammad Afifuddin, menyampaikan SKPP ini menurut saya penerjeman dari Hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman) kalau dijaman penjajahan lagu atau sahir ini sudah menggugah bersatu padu melawan penjajah, maka bagi bawaslu sair ini adalah adaptasi dari bagaimana kita mencintai republik ini. Ucap Afifuddin.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Ratna Dewi Pettalolo Anggota Bawaslu RI menyampaikan, Pemilu yang baik dan berkualitas adalah Pemilu yang digelar, dilangsungkan, dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, partisipasi masyarakat yang dimaksud tentu tidak sekedar menghitung angka-angka, tapi partisipasi yang dimaksud adalah kita pastikan, bahwa dalam proses pelaksanaan pemilu kita ada, hadir dan memainkan peran, dan kita pastikan bahwa proses pemilu betul-betul berjalan dengan jujur, adil, tanpa ada intimidasi, tidak ada jual beli suara, tidak ada pemanfaatan jabatan, yang semuanya akan mengarah pada capaian kualitas pemilu yang rendah, dan capaian kualitas pemilu yang rendah akan mengganggu jalannya pemerintahan. Ucap Dewi.

Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Fandi Akhmad Yani selaku Bupati Gresik,  menyampaikan Bahwa SKPP sangat luar biasa agar kualitas kader-kader pengawas juga bertambah. Kemudian juga menambahkan dan tentunya kami sebagai pemerintahan siap bersinergitas, mengawal  apa yang menjadi keinginan kita bersama bahwasanya muncul dengan sumberdaya yang unggul. Ucap Fandi

Selanjutnya sambutan, arahan serta membuka acara sekolah kader pengawas partisipatif tahun 2021, Abhan Ketua Bawaslu RI menyampaikan, Kick Off bertanda dimulainya tahapan SKPP di seratus titik, dari sabang sampai marauko dari miangas sampai pulau rote. SKPP sudah disiapkan sedimikain rupa, mulai dari kurikulum kemudian fasilitator, agar pengawas partisipatif sesuai dengan tujuan dan harapan, karna kami berpandangan bahwa kualitas demokrasi, kualitas  Pemilu itu ditentukan oleh tingkat partisipasi publik, tidak hanya partisipasi dalam artian hadir pada hari pemungutan suara, tetapi partisipasi untuk mengawal demokrasi bagaimana berjalan dengan Luber dan Jurdil dan nantinya akan menghadirkan pimpinan Kepala Daerah dan DPR yang amanah, itulah saya kira Gol dari SKPP ini. Ucap Abhan.