Lompat ke isi utama

Berita

"Bawaslu Bengkulu Sosialisasikan Aplikasi EPPID Terintegrasi"

"Bawaslu Bengkulu Sosialisasikan Aplikasi EPPID Terintegrasi"

Arga Makmur, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara - Bawaslu Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Sosialisasi Implementasi Aplikasi EPPID tahap 1 (pertama) di ruang rapat sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu, yang diikuti oleh staf IT PPID Bawaslu Kabupaten/kota se-provinsi Bengkulu, Selasa (21/06/22). Pada kegiatan tersebut hadir Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Dodi Herwansyah, Patimah Siregar dan Kepala Bagian Pengawasan Apriyanto Kurniawan serta narasumber dari Tenaga Ahli Bawaslu RI Bapak Sulastio bersama staf PPID.

Dodi Herwansyah sekaligus pengampu Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Provinsi Bengkulu membuka acara secara resmi, dalam sambutanya beliau menerangkan bahwa Bawaslu terus berupaya meningkatkan kinerja berbasis teknologi dimana saat ini tengah menghadirkan aplikasi baru EPPID yang terintegrasi dengan PPID Bawaslu Provinsi dan selanjutnya juga akan terintegrasi dengan PPID Bawaslu Kabupaten/Kota se -Indonesia.

"Proses pengelolaan informasi oleh PPID tidaklah mudah, namun dengan hadirnya EPPID ini harapannya dapat memberikan informasi dengan mudah dan cepat serta birokrasinya terpangkas" ujar beliau."

Beliau mengapresiasi semangat peserta dalam mengikuti kegiatan dan menysukuri di tahun ini Bawaslu dapat mengangarkan PPID di Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota,  hal ini dapat memacu semangat Bawaslu dalam mengelola PPID ini lebih baik lagi. Beliau juga mengapresiasi Bawaslu Provinsi Bengkulu masuk pada gelombang pertama yaitu 15 provinsi dalam kategori informatif yang dilakukan sosialisasi implementasi EPPID.

Pada kesempatan yang sama anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar juga memberikan penguatan dimana jika dilihat dari SDM yang terbatas sementara kinerja yang sangat banyak, dan saat ini tahapan sudah berjalan. Beliau berharap dengan adanya sosialisasi ini peserta yang hadir dapat menularkan ilmu tentang PPID dengan rekan kerja yang lain sehingga dapat mempermudah pekerjaan terutama dalam pengelolaan informasi.

Tenaga Ahli Bawaslu RI Bapak Sulastio dalam pemaparanya menjelaskan terkait Aplikasi EPPID dimana aplikasi EPPID versi android ini hadir mengikuti zamannya karena menurut survey, faktanya orang lebih suka mengakses aplikasi melalui smartphone dari pada membuka website.

"Kedepanya dengan hadirnya aplikasi EPPID yang terintegrasi, masyarakat bisa masuk ke Aplikasi PPID Bawaslu RI saja maka dia bisa mengakses semua data yang ada di Bawaslu hingga Kabupaten/kota se - Indonesia." Terang beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan uji coba aplikasi EPPID dimana masing-masing Bawaslu kabupaten/kota login dengan akun admin EPPID selanjutnya melakukan uji permohonan informasi dan menaggapi permohonan informasi.

Twitter : @bawaslu_utara

Instagram : bawaslu_bengkulu_utara

YouTube : BAWASLU BENGKULU UTARA

Facebook : Bawaslu Kabupaten bengkuluutara

Email : set.bengkuluutarakab@bawaslu.go.id