Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Gelar Sosialisasi bersama Organisasi Wanita

Argamakmur, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara – Salah satu strategi pengawasan Pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara yaitu dengan pelibatan masyarakat atau yang sering disebut dengan pengawasan Partisipatif. Melalui Pengawasan Partisipatif ini diharapkan menjadi media kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti luas wilayah dan keterbatasan jumlah sumber daya manusia (SDM) pengawas.


Hal tersebut disampaikan ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Titin Sumarni pada saat pembukaan kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama Organisasi Wanita yang bertempat di Sawah Resto Arga Makmur pada senin (12/12). Acara dihadiri oleh 60 peserta yang berasal dari berbagai organisasi wanita yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara seperti Muslimat NU, Aisiyah, Fatayat, Wanita Islam dan Badan Kontak Majlis Ta’lim (BKMT).


Sementara itu terpisah, anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Tri Suyanto, di sela – sela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan – kegiatan serupa dengan melibatkan masyarakat akan menjadi konsen dari Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara sebagai upaya peningkatan partisapasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu, melalui kegiatan sejenis juga diharapkan Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara mempunyai perpanjangan tangan di tataran grass roots, sehingga informasi terkait pengawasan Pemilu dapat tersebar luas kemasyarakat, imbuh nya. ganz

Penulis/editor : Ganz/Humas Bawaslu Bengkulu Utara