Lompat ke isi utama

Berita

Maksimalkan Tugas Pengawasan Pada Tahapan Pencalonan DPD

Bengkulu – Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara beserta Anggota dan staf teknis Hukum, Pencegahan, partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat menghadiri rapat Koordinasi pengawasan Tahapan pencalonan Dewan Perwakilan Daerah pada Pemilu Tahun 2024 yang di selenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu di hotel Santika Bengkulu pada tanggal 10 s.d 12 April 2024.

Pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Pemilu 2024 telah melewati beberapa tahapan. Di mulai dengan penyerahan dukungan minimal pemilih, verifikasi administrasi dukungan minimal pemilih, perbaikan kesatu, verifikasi faktual kesatu, perbaikan kedua hingga tahapan verifikasi faktual kedua. Tahapan-tahapan tersebut tentu tak lepas dari pengawasan Bawaslu selaku lembaga yang mengemban amanah dalam memantau seluruh proses agar berjalan sesuai aturan perundang-undangan.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Halid Saifullah dalam arahannya saat meresmikan kegiatan tersebut meminta seluruh jajaran untuk sering berkoordinasi dan melakukan komunikasi berjenjang. Hal ini dalam rangka memperkuat Bawaslu secara kelembagaan.

“Mari bangun Bawaslu menjadi lembaga yang lebih baik Sebagai rumah yang kita cintai, Kita lakukan tugas dengan sebaik dan semaksimal mungkin,” ucap Halid.

Selanjutnya mengingat ada beberapa komisioner Bawaslu Kabupaten dan Kota yang sedang mengikuti proses seleksi di KPU, Halid berpesan agar hal tersebut jangan sampai mengganggu amanah yang di emban saat ini.

Dalam acara rapat Koordinasi pengawasan Tahapan pencalonan Dewan Perwakilan Daerah pada Pemilu Tahun 2024 Bawaslu Provinsi Bengkulu menghadirkan narasumber-narasumber andal mulai dari Penggiat Pemilu (Ary Wirya Dinata), Akademisi ( Ardilafiza dan Beni Kurnia Ilahi), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu (Emex Verzoni).

Titin sumarni, SH selaku ketua bawaslu kabupaten Bengkulu utara menanggapi tentang pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi pengawasan Tahapan pencalonan Dewan Perwakilan Daerah pada Pemilu Tahun 2024 meskipun kegiatan tersebut di laksanakan pada bulan puasa tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.