Lompat ke isi utama

Berita

“Bawaslu Provinsi Bengkulu Adakan Bimtek Kehumasan”

Bengkulu- Badan Pengawas Pemilhan Umum Kabupaten Bengkulu Utara-

Tri Suyanto, Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara dan dua orang Staf mengikuti kegiatan Pelatihan Penulisan Berita dan Dokumentasi Bagi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu Tahun 2021, di Hotel Mercure, Selasa dan Rabu, Tanggal 29 s.d 30 Juni 2021.

Dalam Laporan Ketua Panitia, Elvis Masril menyampaikan, kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi, kemudian untuk peserta kegiatan berjumlah lima puluh orang yang terdiri dari sepuluh Kordiv. PHL Kabupaten/Kota, sepuluh staf humas dan hubal, sepuluh staf umum yang membidangi ke protoleran, lima orang alumni kader pengawas partisipatif,  dan lima belas orang Sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu. Kemudian Elvis juga menyampaikan adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini, yang pertama meningkatkan pengetahuan dan skill protokoler dalam dalam pelayanan tamu VIP, kedua meningkatkan pengetahuan konten penulisan berita, yang ketiga meningkatkan pengetahuan dan teknik pengambilan foto dan gambar dalam pembuatan berita, yang keempat menambah wawasan dan ide dalam pengembangan dan Youtube lembaga Bawaslu, dan yang kelima meningkatkan tata kelolah medsos (Instagram, Facebook, dan Twitter). Ucap Elvis.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap dalam sambutannya serta  membuka acara menyampaikan,  secara kelembagaan lembaga kita ini mendapat kriteria atau penghargaan sebagai lembaga informatif, dan ini tentunya motivasi kita untuk menjadi lebih baik. Kegiatan ini saya rasa perlu karena sebagai sebuah lambaga yang permanan. Terkait dengan penulisan berita memang harus kita tingkatkan sebagai sebuah skil kita sebagai pengawas Pemilu dan Pemilihan karena berita inilah yang akan mempengaruhi opini publik, Harapanya nanti setiap kegiatan kantor bisa kita beritakan. Sebelum menutup kata sambutan parsadaan mengingatkan kembali kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tujuan dari kegiatan ini untuk memicu semangat kita untuk selalu ingin belajar. Ucap Parsadaan.

Dalam materi keprotokolan disampaikan oleh Jimi Haryanto, Kepala Bagian Protokol Provinsi Bengkulu menyampaikan, pada intinya membahas tentang Ruang Lingkup Keprotokolan, yang menjelaskan tata tempat dalam acara kenegaraan dan acara resmi di di Ibu Kota, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Kemudian Jimi juga menyampaikan peran protokoler dalam memfasilitasi kegiatan pimpinan dan tamu VIP sangatlah penting karena pelayanan keprotokolan yang baik dapat menentukan keberhasilan kegiatan yang dihadiri oleh pimpinan serta memberikan rasa nyaman/puas bagi pimpinan dan tamu VIP yang kita fasilitasi. Ucap Jimi.

Penyampaian materi disampaikan oleh Komi Kendi merupakan jurnalis Rakyat Bengkulu membahas tentang Teknik Fotografi, untuk perapatan dasar fotografi itu sendiri ada tiga yang dibahas komi dalam penyampaian meteri yaitu Smarphone, DSLR, dan Mirrorless, dan komi juga menjelaskanjuga teknis dasar kamera, teknik pengambilan gambar. Dan menangkap momen pada kegiatan memoto. Dan yang terakhir komi juga memberikan penjelasan tips-tips fotografi. Ucap Komi.  

Dalam materi yang terakhir disampaikan oleh dua orang pemateri yang pertama Beni Hidayat membahas tentang sepuluh ide meningkatkan youtobe, kemudian beni juga menyampaikan untuk pengolahan youtube diharapkan berkelanjutan dan jangan takut untuk salah, Beni juga menyampaikan kata-kata motipasi untuk peserta  “Kerja la Dulu, Lantak La Dulu, kelak la orang ndak ngomomg apo” ucap Ceni sambil memberikan semangat. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua, Christopher membahas tentang Pelatihan Jurnalistik, menurut Christoper bahwa 5W + 1 H merupakan rumus dasar dalam penulisan berita, jika diterjemahkan dalam Indonesia rumus dasar tersebut mempunyai arti Apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan Bagaimana. Rumus tersebut berlaku universal. Ucap Cristoper.

Tri Suyanto, selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Menyampaikan, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memeberikan semangat dalam melakukan kegiatan kehumasan, menjalankan ilmu-ilmu baru yang telah diberikan, serta menjadikan lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara sebagai lembaga yang informatif. Ucap Tri.