Arga Makmur- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Utara-

Titin Sumarni, Selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti Rapat Persiapan Keikutsertaan Peningkatan Kapasitas bagi Anggota Bawaslu Perempuan Daerah Seluruh Indonesia, via zoom, Selasa (31-08-2021).

Kegiatan ini Bersama  Pusat Kajian Politik Lembaga penelitian dan pengembangan sosial politik PUSKAPOL LPPSP FISIP UI Dengan Dukungan dari Pemerintah Australia melalui departemen of foreign affairs and trade (DFAT dan Mitra pelaksananya internasional foundation for electoral system (IFES), Kegiatan dibuka oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, menyampaikan pentingnya peran serta perempuan dalam kegiatan politik, baik di penyelenggara, baik KPU maupun BAWASLU dan partai politik itu sendiri. Masih kurangnya peran serta perempuan karena belum sampai 30 persen di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini makin bertambahnya peran serta perempuan dalam dunia politik.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo, menyampaikan  bahwa dia 5 tahun yang lalu juga sebagi peserta binaan Lembaga ini. Yang awalnya ragu untuk maju ditingkat nasinal, berkat trik dan bimbingan Lembaga ini, dia berhasil menjadi Anggota Bawaslu RI. Namun, kali ini cara pelaksannanya akan berubah, yaitu melihat pandemi yang belum berakhir, akan dilaksanakan menggunakan media online atau daring.

Materi pertama disampaikan oleh Adit Perdana selaku PUSKAPOL UI, menyampaikan bahwa tahap program kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1-3 September 2021 pengumuman tanggal 4 September 2021, pelaksanaan pelatihan berdasarkan Angkatan dan jadwal, mulai bulan September, Oktober dan Januari 2022. Dan Bentuk program Latihan secara daring atau online bertujuan meningkatkan partisipasi perempuan untuk mendaftar menjadi anggota KPU, Bawaslu disemua tingkatan dan mendorong jumlah keterwakilan perempuan dalam undang udang kepemiluan

Materi kedua disampaikan oleh Dermawan selaku Asdep Pengarusutaman Gender Bidang Politik dan Hukum di Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, materi yang disampaikan tentang Kebijakan dan Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Perempuan untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender, yang pada pokoknya membahas tentang keterwakilan perempuan dalam bidang politik sehingga menimbulkan pro terhadap perempuan, serta peningkatan kualitas hidup perempuan menuju Indonesia maju. 

Materi ketiga disampaikan oleh Mochammad Afifudin selaku Anggota Bawaslu RI, materi yang disampaikan tentang Sinergi Bawaslu Bersama Pemerintah Daerah Dalam Membangun Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Umum,  yang pada pokoknya membahas tentang peran pengawasan partisipatif itu sendiri dengan cara memberi informasi awal, mencegah pelangaran, mengawasi/memantau dan melaporkan pelanggaran, kemudian Afifudin juga menjelaskan lingkup area partisipasi itu sendiri yaitu adanya Kampung/Desa Pengawasan Pemilu, Kemudian Forum Warga, dan Program Pengabdian Masyarakat.

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Telegram
WhatsApp