Demi memperjuangkan hak Warga Indonesia yang memenuhi syarat  menjadi pemilih untuk dapat berpartisipasi dan menyumbangkan haknya dalam pemlilu 2024 dan agar pemilih masuk dalam daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan serentak 2024, Bawaslu Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Penyusunan Data Pemilih pada Pemilu 2024 di Hotel Santika Bengkulu pada tanggal 23 November 2022.

Anggota Bawaslu Kab. Bengkulu Utara Tri Suyanto selaku Kordiv. Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat & Hubungan Masyarakat berserta salah satu stafnya turut hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah bersama dengan Natijo Elem dan didampingi para Kabag serta Sub-Koordinator meresmikan kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya melakukan pengawasan data pemilih sedari dini mulai dari pendataan dan coklit. Hal ini dilakukan mengingat persoalan mata pilih seringkali menjadi “PR” tersendiri bagi penyelenggara pemilu, terutama di wilayah-wilayah khusus yang memerlukan perhatian dan pengawasan secara lebih mendalam. Faham mencontohkan warga binaan lapas yang terdiri dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu. Sedangkan data pilih di data berdasarkan KTP dan domisili. Hal lain yang menjadi fokus pengawasan adalah terkait warga binaan yang keluar tepat di hari pemungutan suara.

Oleh sebab itu Ia menilai penting dilakukan kegiatan yang merangkul stakeholder terkait sebagai wadah koordinasi Bawaslu. Harapannya dengan menghadirkan narasumber dari luar dapat memperkuat wawasan serta tercipta kesepahaman terhadap pengawasan penyusunan data pilih pada pemilu dan pemilihan tahun 2024.

Di kesempatan kali ini Bawaslu Provinsi Bengkulu menghadirkan narasumber andal dari Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Andi Mulyadi dan KPU Provinsi Bengkulu, Hamzah. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 36 (tiga puluh enam) orang terdiri dari 10 orang Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten/Kota dan 10 orang staf. Jajaran sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu sebanyak 15 orang dan 1 orang alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP).

…………………………..

Twiter : @bawaslu_utara

Instagram : bawaslu_bengkulu_utara

YouTube : BAWASLU BENGKULU UTARA

Facebook : Bawaslu kabupaten Bengkuluutara

Email : set.bengkuluutarakab@bawaslu.go.id

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Telegram
WhatsApp